Dorong Potensi Desa Menuju Sejahtera, Unimed Kirim Mahasiswanya KKN

Dorong Potensi Desa Menuju Sejahtera, Unimed Kirim Mahasiswanya KKN

Hendri
By -
0



Unimed Medan

Bicaranews.com | MEDAN - Universitas Negeri Medan (Unimed) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong pembangunan desa dengan mengirimkan 5.629 mahasiswa untuk menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2024. Acara pelepasan ini dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting dan disiarkan langsung di YouTube pada Jumat, 5 Juli 2024. 


Dengan mengusung tema "Optimalisasi Potensi Desa Menuju Desa Sejahtera," KKN tahun ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh desa-desa mitra di Sumatera Utara. Dalam sambutannya, Wakil Rektor I, Dr. Abil Mansyur, M.Si., yang mewakili Rektor Unimed, menyatakan bahwa mahasiswa akan ditempatkan di lima kabupaten dan diharapkan dapat berkolaborasi dengan kepala desa serta perangkat setempat untuk menyusun program kerja yang relevan dan berdampak positif.


“Susunlah program kerja yang dapat menyahuti ketercapaian tema dari KKN tahun ini. Harapan kita tentunya terus memberikan manfaat dalam membantu pemerintah dalam mewujudkan ketercapaian visi misi dari pemerintah daerah di lima kabupaten sebagai tujuan pelaksanaan dari KKN ini,” ujar Dr. Abil.


Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., Ketua Senat Unimed, menegaskan bahwa KKN merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang sangat penting. "Melalui KKN, mahasiswa dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi di desa. Ini juga melatih kemampuan berpikir kritis dalam melakukan observasi, penelaahan, dan pendampingan untuk memberdayakan potensi masyarakat desa," jelasnya.


Kegiatan ini juga dihadiri oleh para pejabat tinggi Unimed, termasuk para Wakil Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana, para Dosen dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Tak ketinggalan, para kepala desa dan lurah yang menjadi mitra KKN turut hadir untuk menyambut mahasiswa yang akan melakukan pengabdian di wilayah mereka.


Dengan bimbingan dari 279 DPL, mahasiswa diharapkan dapat menjalankan program-program yang produktif dan kreatif untuk membangun karakter dan keterampilan generasi muda desa. KKN ini bukan hanya sekadar tugas akademik, tetapi juga sebagai bentuk kontribusi nyata dalam meningkatkan kesejahteraan dan memberdayakan masyarakat desa.


Melalui KKN 2024 ini, Unimed berharap dapat terus memberikan dampak positif yang signifikan bagi pembangunan desa-desa di Sumatera Utara, serta memperkuat peran perguruan tinggi dalam memajukan masyarakat. (*) 

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)