Dugaan Pengeroyokan di Halaman Gereja Berakhir Mediasi di Kantor Desa Hutarihit Kecamatan Nainggolan

Dugaan Pengeroyokan di Halaman Gereja Berakhir Mediasi di Kantor Desa Hutarihit Kecamatan Nainggolan

Hendri
By -
0



Polres Samosir

Bicaranews.com | SAMOSIR - Usai melihat video dugaan pengeroyokan dan pengancaman yang beredar di media sosial, Bhabinkamtibmas Polsek Onanrunggu Brigpol Eko Putra Damanik bersama Babinsa dan Pemerintah Desa Hutarihit Kecamatan Nainggolan, Kabupaten Samosir, mengadakan mediasi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Mediasi dilaksanakan di Kantor Desa Hutarihit, Selasa (23/7/2024)


Dalam kegiatan mediasi tersebut, turut hadir tokoh masyarakat dan keluarga kedua belah pihak untuk memfasilitasi penyelesaian permasalahan secara kekeluargaan.


Brigpol Eko Putra Damanik menjelaskan kronologi kejadian. Pada Minggu, 21 Juli 2024 pukul 12.00 Wib, terjadi dugaan pengeroyokan dan pengancaman di halaman Gereja HKBP Hutarihit yang dilakukan oleh ACR terhadap APS. Kejadian tersebut kemudian tersebar di media sosial pada Senin 22 Juli 2024. Menanggapi video yang beredar, Pemerintah Desa Hutarihit bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa menginisiasi upaya mediasi yang dilaksanakan pada Selasa, 23 Juli 2024.


"Dari hasil mediasi, kedua belah pihak sepakat berdamai. Pihak ACR meminta maaf kepada korban APS yang diresmikan melalui surat perjanjian dan video permintaan maaf," ungkap Brigpol Eko Putra Damanik.


Ia menambahkan bahwa kejadian dugaan pengeroyokan dan pengancaman tersebut dilatarbelakangi oleh rasa sakit hati ACR karena APS menyewa kilang padi berjalan dari orang lain, sementara ACR memiliki kilang padi berjalan. APS beralasan menyewa dari orang lain karena kilang padi milik ACR tidak dapat mendaki ke lokasi milik APS, sehingga terjadilah dugaan pengeroyokan tersebut.


Brigpol Eko Putra Damanik juga meminta kedua belah pihak untuk menghapus video yang sudah tersebar di media sosial agar tidak menimbulkan hal negatif. Sebagai langkah penutup, video permintaan maaf dari hasil mediasi akan diunggah ke media sosial untuk menginformasikan kepada khalayak ramai bahwa permasalahan tersebut telah diselesaikan.


Dengan berakhirnya mediasi ini, diharapkan tidak ada lagi konflik lanjutan antara kedua belah pihak dan situasi kamtibmas di wilayah Desa Hutarihit dapat kembali kondusif. (Humas Polres/NS)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)