Mendapat Bantuan RLTH 50 Unit dari Pemprovsu, Pj Bupati Langkat Sampaikan Apresiasi

Mendapat Bantuan RLTH 50 Unit dari Pemprovsu, Pj Bupati Langkat Sampaikan Apresiasi

Hendri
By -
0



Pemkab Langkat

Bicaranews.com | LANGKAT - Kabupaten Langkat menjadi sasaran Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RLTH) “Gerakan Bedah Rumah Serentak se-Sumatera Utara”. Kegiatan ini dilaksanakan di Kelurahan Sei Bilah Kecamatan Sei Lepan Kabupaten Langkat Tahun 2024, Jum’at (5/7/2024) pagi. 


Pj Bupati Langkat H.M. Faisal Hasrimy menyampaikan ribuan terima kasih sebesar besarnya kepada Pj Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni.


“Kami mengucap terima kasih dan apresiasi setinggi tingginya atas terselenggaranya kegiatan ini, karena sangat membantu masyarakat Kabupaten Langkat” katanya.


RLTH merupakan upaya nyata pemerintah Provinsi Sumatera Utara, untuk senantiasa meningkatkan kualitas tempat tinggal yang layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah.


Program ini dilaksanakan serentak di seluruh Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara dan merupakan program Pemerintah Provinsi Sumut melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Utara, dengan perbaikan rumah tidak layak huni di kawasan kumuh dengan luas 10-15 Ha sebanyak 50 unit.


Kabupaten Langkat sangat memprioritaskan RLTH, selama 3 tahun terakhir hasil kolaborasi ke berbagai pihak sebanyak 2.020 unit berhasil di tangani, dengan rincian :


- Dana APBN berjumlah 869 unit.


- APBD Provisi Sumut sebanyak 43 unit.


- APBD Langkat sebanyak 1.100 unit.


- CSR Pertamina sebanyak 8 unit.


Sementara, tahun 2024 sudah dialokasikan untuk penanganan RLTH sebanyak 499 unit.


“Kami akan terus berupaya berkoordinasi dengan berbagai pihak agar RLTH di Langkat bisa teratasi” tegas Hasrimy.


Di akhir sambutannya, ia sampaikan pesan kepada penerima renovasi RLTH agar bertanggung jawab menjaga dan merawat rumah yang terlah di rehabilitasi secara baik, sehingga manfaatnya dapat terus menerus dirasakan.


Selanjutnya penyerahan secara simbolis bahan material kepada penerima bantuan RLTH, sekaligus penyerahan bantuan dari Presiden RI.


Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni sampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk menyediakan rumah layak huni di Sumatera utara. Yang merupakan hasil dari kolaborasi seluruh pihak di Sumatera Utara.


“Agar masyarakat dapat meningkat kesejahteraannya, SDM dan menjaga kesehatannya” kata Fatoni.


Pj Gubernur Sumut tersebut menargetkan  diakhir tahun 2024, harus mencapai lebih dari 5000 renovasi RLTH. Ini bisa terwujud dengan memanfaatkan dana csr, dana desa, basnaz maupun lainnya.


“Semoga apa yang kita cita ciptakan, rencanakan dan niatkan untuk kesejahteraan masyarakat, mendapat kemudahan dan Ridho dari Allah SWT” harapnya.


Kemudian, Pj Gubernur Sumut membuka Gerakan Bedah Rumah se-Sumatera Utara. Dengan mengucap bismillahirrahmanirahim gerakan bedah rumah se-Sumatera Utara dengan resmi saya nyatakan dibuka” ucap Agus Fatoni. (Dis/Bn)


Pewarta : H. Simare-mare 



Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)