Menko Marves Tinjau Perkembangan Food Estate Sumatera Utara di Humbahas

Menko Marves Tinjau Perkembangan Food Estate Sumatera Utara di Humbahas

Hendri
By -
0



Pemkab Humbahas

Bicaranews.com | HUMBAHAS - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar meninjau perkembangan Food Estate Sumatera Utara di Kabupaten Humbang Hasundutan tepatnya di Desa Hutajulu Kecamatan Pollung, Sabtu 13 Juli 2024. 


Turut Hadir di acara ini Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Nani Hendiarti, Kapolres Humbang Hasundutan, Hary Ardianto, S.H., S.I.K., M.H, Kajari Humbang Hasundutan, Dr. Noordien Kusumanegara, SH, MH, Dandim 0210/TU Letkol Inf Saiful Rizal, Plh Sekda Humbahas, Drs. John Harry, MMA, Pimpinan OPD, Perwakilan IT Del dan Kelompok Tani. 


Manajer Lapangan Food Estate Van Basten dalam paparannya menyampaikan produktifitas lahan Food Estate di Kabupaten Humbang Hasundutan dalam empat musim tanam terus mengalami peningkatan. Bibit unggul, penanganan hama, modal, teknologi dan infrastruktur pertanian menjadi kunci keberhasilan dan keberlanjutan budidaya konsep di kawasan Food Estate ini.


“Dari musim pertama (2020-2021) hingga masuk sampai musim kedua (2022-2023) dan ketiga (2023-2024) sudah mulai bagus hasilnya, kita berharap musim keempat ini sudah bisa sampai 10 ton/ha, harga bawang merah sekarang Rp 23.000, jadi total  Rp 230.000.000,  modalnya kemarin Rp 180.000.000 per/ha, jadi setidaknya kita dapat 3 bulan Rp 50.000.000 per/ha.” 


Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan merasa puas dengan progres hasil yang diperoleh dari penanaman bawang merah di Food Estate Humbang Hasundutan ini. Untuk hasil yang lebih optimal, pemerintah harus betul-betul hadir membantu dalam hal infrastuktur jalan, air, gudang dan juga sampai penanganan hama harus di buat laboratoriumnya.


Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan berharap nanti jangan sampai ada permainan harga jual dari petani, harga petani harus tetap di harga jual yang bagus, jangan petani nantinya di atur oleh para tengkulak, pemerintah harus bisa menjadi stabilitator harga.


Setelah meninjau penanaman bawang merah di Desa Hutajulu Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan rombongan didampingi Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE menuju Desa Ria-ria Kecamatan Pollung untuk melihat pembibitan kentang sebelum terakhir menuju ke TSTH2 untuk meninjau kembali progres pembangunan tahap 2 disana. (Diskominfo/NS)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)