Pemkab Toba Ikut Bersyukur Atas Peresmian Rumah Dinas Gereja HKBP Marom

Pemkab Toba Ikut Bersyukur Atas Peresmian Rumah Dinas Gereja HKBP Marom

Hendri
By -
0



Pemkab Toba

Bicaranews.com | TOBA - Pemerintah Kabupaten Toba menyampaikan ucapan  syukur dan selamat atas Peresmian Rumah Dinas Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Marom Ressort Maranatha Marom, Kecamatan Uluan, Minggu (28/7/2024).


Hal ini disampaikan Sekdakab Toba Augus Sitorus didampingi Wakapolres Toba Kompol B. Simarmata dalam kata sambutannya seusai acara peresmian dan ibadah.


Menurut Sekda Augus, Pemkab Toba ikut  bersama jemaat merasakan suka cita dan bersyukur bahwa pembangunan rumah dinas gereja ini berjalan lancar hingga saat ini diresmikan.


"Ini berkat dari Tuhan, semoga rumah dinas ini menjadi tempat damai sejahtera meningkatkan pelayanan yang lebih baik bagi jemaat," katanya.


Disampaikan juga ucapan terima kasih kepada panitia yang telah memberikan hati pikiran dan perhatian untuk mengawal proses pembangunannya.


Kemudian Sekda Augus memaparkan kondisi dan capaian Kabupaten Toba saat ini.


Skala prioritas pembangunan di Kabupaten Toba adalah di bidang pariwisata, pendidikan, dan pertanian.


Di bidang pariwisata, Kabupaten Toba sebagai  salah satu Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP), kita harus pintar melihat peluang potensi arah pembangunannya. Misalnya bagaimana meningkatkan suvenir wisata berupa produk ulos yang merupakan produk lokal Kecamatan Uluan.


Di bidang pendidikan, lanjutnya, berbagai upaya dilakukan untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM). Dalam hal ini banyak tantangan banyak juga peluang dengan adanya dua sekolah unggulan SMA di daerah ini. Hal ini merupakan salah satu poin dalam pencapaian Kabupaten Toba dalam indeks pembangunan manusia (IPM) dengan nilai 77,83.


"Angka ini menempatkan Kabupaten Toba di peringkat 11 nasional dalam kategori pembangunan SDM dan nomor 6 di Sumatera Utara," katanya.


Namun harus pula  diantisipasi pula soal adanya sejumlah tindakan kekerasan atas hak-hak perempuan dan anak. 


"Pemerintah dan gereja harus bekerja sama untuk menjaga generasi muda," kata Augus.


Kemudian di bidang pertanian, pemerintah terus menggalakkan berbagai upaya dan inovasi pola tanam untuk peningkatan produksi pertanian.


Terakhir, Sekda Augus menyampaikan masyarakat Kabupaten Toba saat ini sudah mencapai kepesertaan 98,76 persen Program  Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).


Sebelumnya Ketua Panitia Sahat Butarbutar  menyampaikan laporannya bahwa pembangunan rumah dinas Gereja HKBP Marom ini telah kurang lebih setahun upaya pembangunannya dengan segala keterbatasan namun akhirnya bisa menyelesaikan dengan baik.


"Terima kasih kepada Pemkab Toba  dan semua pihak yang tulus hati membantu pembangunan rumah dinas ini," katanya.


Hadir menyampaikan khotbah Praeses HKBP Distrik IV Toba Pdt. Julson Pasaribu, Pendeta dan Penatua gereja .


Turut hadir Ketua LADN Naraja JMP Sitorus, staf ahli Bupati Toba dan sejumlah pimpinan perangkat daerah dan yang mewakili pimpinan  perangkat daerah. (MC Toba/Tanding Lumbantoruan)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)