Pj Bupati Tapteng Letakkan Batu Pertama Pembangunan Tangki Septik Individual Senilai 6.4 Miliar

Pj Bupati Tapteng Letakkan Batu Pertama Pembangunan Tangki Septik Individual Senilai 6.4 Miliar

Rambe
By -
0

Bicaranews.com | PANDAN - Penjabat (Pj) Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Dr. Sugeng Riyanta, SH, MH, Meletakkan Batu Pertama Pembangunan Pembangunan Tangki Septik Individual Perdesaan, bertempat di Kelurahan Hajoran Kecamatan Pandan  dan kegiatan ini dirangkai dengan penyerahan  Bantuan pembangunan  Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Kamis (25/7/2024).


"Kegiatan hari ini merupakan  wujud kepedulian dari  Pemerintah, Negara  hadir  membantu masyarakat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 6.448.000.000  untuk pembangunan sanitasi jamban, semoga ini bermanfaat bagi masyarakat, dan saya berpesan agar sanitasi jamban ini  setelah selesai dibangun nantinya dirawat agar dapat dipergunakan dalam jangka lama," ungkap Pj Bupati Tapteng dalam sambutannya.


Lanjut Pj. Bupati Tapteng, salah  satu upaya yang dapat kita lakukan membantu masyarakat dalam penurunan Angka Stunting  adalah dengan Pembangunan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPAL-S) akan membangun di 13 tempat terdiri dari  tiga kelurahan dan sepuluh desa yang tersebar di sembilan Kecamatan di Kabupaten Tapteng. 


Dan juga pembangunan SPAL-S ini terpusat pada  skala pemukiman Kabupaten Tapteng bersumber dari dana alokasi khusus (DAK), penugasan SUB bidang sanitasi yang dikelola langsung oleh kelompok swadaya masyarakat (KSM) Kelurahan/ desa.


Pj. Bupati Tapteng, meminta  kepada pengurus/pelaksana KSM agar dapat memanfaatkan dana dengan sebaik-baiknya, yang nantinya  pencairan dilakukan secara bertahap,  tahap pertama sebanya 25%, Tahap kedua 45% dan tahap ketiga 30%. Dari nilai kontrak sebesar Rp. 496.000.000 dan nilai keseluruhan dari tiga belas desa/kelurahan sebesar Rp.6.448.000.000.


Pj Bupati Tapteng memaparkan Pemkab Tapteng  saat ini sedang giat-giatnya dengan program Tapteng "MEMBARA" (Membangun Rumah Rakyat), program ini untuk membantu pembangunan Rumah Layak Huni bagi  masyarakat kurang mampu. Pada kesempatan ini akan diserahkan bantuan RTLH  sebanyak 8 unit  rumah   masing masing mendapatkan 25 juta dan total yang diserahkan 200 juta.   

"Insya Allah,  tahun 2024  ini Pemkab  Tapteng terus menerus berbenah selain membantu Pembangunan RTLH Pemkab Tapteng juga fokus dalam upaya  penurunan Angka Stunting, Kemiskinan Ekstrim dan Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten Tapteng," sebutnya.


Sebelumnya Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Tapanuli Tengah, Johannes H Saruksuk, ST, MT, dalam laporannya, Pembangunan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPAL-S) akan dibangun di 13 tempat yaitu 3 kelurahan dan 10 desa yang tersebar di 9 kecamatan di Kabupaten Tapteng, dengan jumlah penerima bantuan septik 50 unit (SR) per desa sehingga total keseluruhan 650 unit SR.


Pembangunan bilik dengan UK. 1,5 M X 1,5 M, pemasangan tangki septik dengan kapasitas 0,80 M3 (800 Liter). 


Kegiatan ini turut dihadiri Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Tapteng, Ny. Ade Sugeng Riyanta, Staf Ahli,  Asisten, Pimpinan OPD Tapteng, Camat Pandan, Lurah Hajoran, Babinkabtibmas dan Babinsa Kelurahan Hajoran, Ketua PAPDESI Tapteng dan Anggota, TP PKK Tapteng.(t/Bn)

Sumber: Humas

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)