TP PKK Provinsi Sumut Evaluasi Desa Panindii, Silaen Sebagai Desa Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera

TP PKK Provinsi Sumut Evaluasi Desa Panindii, Silaen Sebagai Desa Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera

Hendri
By -
0



Pemkab Toba

Bicaranews.com | TOBA - Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (PTP2WKSS) merupakan program peningkatan peran perempuan menggunakan pola pendekatan lintas bidang secara terkoordinir yang diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.


Hal ini dikatakan Bupati Toba, Poltak Sitorus dalam sambutan tertulis yang dibacakan Staf Ahli Bupati, Sahat Manullang dalam acara Evaluasi Pelaksana Terbaik Desa/Kelurahan PTP2WKSS Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tahun 2024 di Desa Panindii, Kecamatan Silaen, Kabupaten Toba Rabu (17/7/2024).


Lewat peningkatan kualitas perempuan untuk mendorong peningkatan ekonomi dan kesejahteraan keluarga, pada tahun 2023 Dinas Pertanian memberikan bantuan bibit bawang ke Desa Panindii karena di desa ini terletak diatas 1300 mdpl sehingga sangat cocok untuk tanam bawang merah. 


Menurut Bupati Toba, program ini dilakukan guna mencapai tingkat hidup yang berkualitas dengan tujuan mengembangkan sumber daya manusia dan sumber daya alam serta lingkungan dan dalam mewujudkan, mengembangkan keluarga yang sehat sejahtera dan bahagia dalam rangka pembangunan masyarakat desa dengan perempuan sebagai penggeraknya.


"Sehingga tercapai keluarga sejahtera, desa maju dan mandiri serta Kabupaten Toba yang unggul dan bersinar,” katanya.


Selanjutnya dalam sambutan tertulis Pj Gubernur Provinsi Sumatera Utara yang dibacakan oleh Jonni Siagian menyampaikan upaya pemberdayaan masyarakat harus dimulai dari pemberdayaan keluarga karena keluarga merupakan unit sosial terkecil dalam kehidupan masyarakat.


Tim evaluasi hadir untuk melihat sejauh mana keberhasilan PKK dan kesiapan Pemerintah Desa melaksanakan program PTP2WKSS, yang manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat baik di bidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan.


Dalam sambutan Ketua Tim TP PKK Kabupaten Toba yang dibacakan Sekretaris TP PKK Kabupaten Toba Ny. Bintang Herbin Tampubolon menyebutkan bahwa TP PKK Kabupaten Toba bersama dengan Pemkab Toba melalui organisasi perangkat daerah telah melaksanakan pembinaan dalam mengatasi 3R yaitu Rawan ekonomi, Rawan pendidikan, dan Rawan kesehatan. 


Selanjutnya dalam sambutan Kepala Desa Panindii, Ingot P. Marpaung menyampaikan ucapan selamat datang dan berharap tim provinsi untuk memberikan arahan dan petunjuk agar desa binaan ini semakin lebih baik dan maju ke depan dan juga berharap agar dapat selalu dibina TP PKK kabupaten Toba serta semua OPD kabupaten Toba. 


Turut hadir dalam acara tersebut, tim Penggerak PKK Kabupaten Toba, tim penggerak PKK Kecamatan Silaen, perwakilan OPD, Karang Taruna, Kelompok Dusun, tokoh masyarakat, dan lainnya.


Sementara Tim Evaluasi dari Provinsi Sumatera Utara diantaranya Jonni Siagian selaku ketua Tim, Hendry Irawan Sianturi dari Dinas Kesehatan, dan Yuniar Marpaung serta Karina dari perwakilan PKK Sumut. (MC Toba/NS)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)