Bendera Pusaka Diterbangkan ke IKN

Bendera Pusaka Diterbangkan ke IKN

Hendri
By -
0



Bendera Pusaka

Bicaranews.com | JAKARTA - Kirab duplikat bendera Pusaka dan teks proklamasi tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur (Jaktim) untuk selanjutnya diterbangkan menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim).


Pantauan awak media, Sabtu (10/8/2024), bendera dan teks proklamasi diterbangkan dari Bandara Halim Perdanakusuma pada pukul 09.53 Wib.


Bendera Pusaka dan teks proklamasi diterbangkan ke Kaltim menggunakan pesawat Boeing 737-800 dari Skuadron 17 TNI Angkatan Udara (AU). Sebanyak 10 kru pesawat, yang terdiri atas 4 penerbang, load master, engineer, dan ground crew, menerbangkan bendera Pusaka dan teks proklamasi.


Pesawat akan mendarat di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Kaltim. Setelah itu, bendera dan teks proklamasi akan dibawa ke Istana Negara di IKN.


Kirab bendera Pusaka dan teks proklamasi ini merupakan yang pertama dilakukan. Pada tahun-tahun sebelumnya, bendera Merah Putih dan teks proklamasi dibawa dari Monas langsung ke Istana Merdeka.


Prosesi kirab diawali dengan penyerahan bendera Merah Putih oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada Tim Purna Paskibraka di Monumen Nasional (Monas).


Bendera dan teks proklamasi dibawa oleh Tim Purna Paskibraka 2023. Untuk bendera Merah Putih dibawa Kachina Ozora dari Provinsi Kalimantan Tengah. Sementara itu, teks proklamasi dibawa Keyla Azzahra Purnama dari Provinsi Sumatra Selatan.


Bendera dan teks proklamasi tersebut akan dibawa menggunakan kendaraan taktis (rantis) Maung dengan iring-iringan dari Paskibraka DKI Jakarta, pasukan berkuda, hingga marching band. Rute iring-iringan dari Jalan Thamrin, Bundaran HI, Jalan Gatot Subroto, Cawang, hingga Bandara Halim Perdanakusuma.


Bendera Merah Putih dan teks proklamasi akan tiba di IKN pada hari yang sama, yakni 10 Agustus 2024. Nantinya, bendera tersebut akan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada Paskibraka untuk dikibarkan di Istana Negara IKN pada 17 Agustus 2024. (Dtc/Bn)

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)