Kapolres Toba Irup Apel Kehormatan dan Renungan Suci

Kapolres Toba Irup Apel Kehormatan dan Renungan Suci

Hendri
By -
0



Polres Toba

Bicaranews.com | TOBA - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI Ke 79 tahun 2024, telah dilaksanakan Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sopusorung Balige Kecamatan Balige Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (17/8/2024) sekira pukul 00.00 Wib


Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Kapolres Toba AKBP Wahyu Indrajaya, SH, S.I.K  dan di hadiri oleh Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus, Wakil Bupati Toba Tonny Simanjuntak, SE, Sekda Kabupaten Toba Drs Augus Sitorus, Kepala Kejaksaan Negeri Toba Dohar Nainggolan, SE,SH,M.H, para Asisten, Pabung 0210/TU Mayor Inf A.S Butarbutar, dan Sub Denpom Balige Kapten Cpm Almuhar Chaniago, Kapolsek Balige Iptu Selamet Pasaribu, Danramil Balige Lettu Inf Sahkan Samosir, para Pimpinan OPD, Peleton Perwira TNI dan POLRI, 1 Regu Anggota Kipan A Yonif 125, 1 Regu Anggota Koramil 17/Balige, 1 Regu Polres Toba, 1 Regu ASN Kabupaten Toba dan 1 Pleton Satpol PP


Apel Kehormatan dan Renungan Suci merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan menjelang tanggal 17 Agustus sebagai bentuk penghargaan kepada para Pahlawan yang telah gugur dalam membela tanah air untuk meraih kemerdekaan Bangsa Indonesia. 


Kegiatan berlangsung khidmat, diawali dengan penghormatan kepada arwah para Pahlawan, dilanjutkan dengan penyalaan obor dan pembacaan teks apel kehormatan dan renungan suci oleh Inspektur Upacara.


Kegiatan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara, pembacaan Doa untuk para arwah Pahlawan, dan ditutup dengan penghormatan terakhir. 


Apel Kehormatan dan Renungan Suci dilaksanakan diseluruh wilayah di Indonesia tepat pada pukul 00.00 wib.


Kapolres Toba AKBP Wahyu Indrajaya bertindak selaku Inspektur Upacara menyatakan melalui acara renungan suci diharapkan dapat mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan, terutama pahlawan kemerdekaan. 


“Kami berjanji akan meneruskan perjuangan para pahlawan. Untuk itu perjuangannya akan kami lanjutkan,” tegasnya.


Berkat kegigihannya dalam memperjuangkan kemerdekaan dari tangan penjajah, sehingga udara kebebasan dapat kita nikmati sampai saat sekarang,” kata Kapolres.


Kapolres menuturkan, melalui kegiatan renungan suci seperti itu dapat pula memberi pelajaran berharga akan pentingnya sikap saling menghargai dan saling menghormati antar sesama manusia. Setiap perbedaan yang ada, merupakan anugerah yang sangat berharga.


Mari di HUT RI ke-79 ini kita tingkatkan lagi rasa persaudaraan, jaga toleransi antar umat dan golongan, serta jauhi paham-paham radikalisme yang dapat merusak ideologi pancasila yang dapat memecah belah bangsa,” pungkasnya. (Humas Polres Toba/Naomi Simare-mare)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)