Ajak Forkopimda Bersama-sama Sukseskan Pilkada Toba, Agustinus Panjaitan: ASN Jaga Netralitas!

Ajak Forkopimda Bersama-sama Sukseskan Pilkada Toba, Agustinus Panjaitan: ASN Jaga Netralitas!

Hendri
By -
0



Pemkab Toba

Bicaranews.com | TOBA - Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Toba, Agustinus Panjaitan, mengajak seluruh elemen Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Toba untuk bekerja sama dalam menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024. Dalam rapat koordinasi di Rumah Dinas Bupati Toba, Kamis (26/9/2024), Agustinus juga menegaskan pentingnya Aparatur Sipil Negara (ASN) menjaga netralitas sepanjang proses Pilkada.


"Kita semua punya tanggung jawab besar dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan netralitas pada Pilkada Serentak 2024. Saya meminta Forkopimda, mari kita untuk bersama-sama menciptakan situasi yang kondusif, dan ASN wajib menjaga netralitasnya. Ini sangat penting untuk memastikan Pilkada berjalan dengan jujur, adil, dan demokratis," ujar Agustinus di hadapan para peserta rapat.


Agustinus menekankan, netralitas ASN menjadi salah satu faktor kunci dalam menciptakan iklim politik yang sehat. Ia mengingatkan bahwa ASN harus tetap profesional dalam menjalankan tugas dan tidak boleh memihak pada salah satu kandidat.


"Netralitas ASN memang gampang disebutkan, tapi sulit dalam pelaksanaannya. Saya tekankan, ASN tidak boleh memihak. Pilihan kita boleh berbeda, tetapi tanggung jawab kita tetap sama, menjaga stabilitas dan memastikan pelayanan publik berjalan lancar," tegasnya.


Selain netralitas ASN, Agustinus juga mengingatkan Forkopimda Toba agar terus bersinergi dalam menjaga keamanan selama tahapan Pilkada berlangsung. Potensi konflik yang muncul akibat isu-isu politik, seperti ujaran kebencian dan hoaks, harus segera diantisipasi untuk mencegah keresahan di masyarakat.


Pemkab Toba

“Kami siap bekerja sama dengan pihak keamanan, termasuk TNI dan Polri, untuk menjaga agar Pilkada berjalan damai. Selain itu, kita juga akan melibatkan masyarakat dalam pengawasan, sehingga tidak ada ruang untuk pelanggaran selama proses ini,” tambah Agustinus.


Rapat tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Sekda Toba Augus Sitorus, Ketua KPU Toba Sugar Fernando Sibarani, Ketua Bawaslu Toba Sahat Sibarani, Kajari Toba Dohar Nainggolan, dan Wakapolres Toba Kompol Berman Simarmata, Mewakili Dandim 0201 Taput AS Butarbutar dan para asisten dan staf ahli bupati, Kepala OPD, Para Kabag Setdakab Toba, dan para camat se-kabupaten Toba. Mereka semua sepakat untuk mengutamakan kolaborasi guna menyukseskan Pilkada yang akan berlangsung pada 27 November 2024.


Ketua KPU Toba, Sugar Fernando Sibarani, menyampaikan, persiapan teknis Pilkada sudah berjalan sesuai rencana, mulai dari pemutakhiran daftar pemilih hingga persiapan logistik. Sementara itu, Ketua Bawaslu Toba, Sahat Sibarani, memastikan bahwa pengawasan akan diperketat, terutama di desa-desa rawan konflik.


Dengan dukungan penuh Forkopimda dan netralitas ASN, Agustinus optimis Pilkada Toba 2024 akan berjalan sukses dan lancar, menciptakan pemimpin yang benar-benar dipilih oleh rakyat. (*)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)