Kontingen Sumut Berhasil Meraih Peringkat 4 di PON XXI, Sesuai Dengan Target Awal

Kontingen Sumut Berhasil Meraih Peringkat 4 di PON XXI, Sesuai Dengan Target Awal

Hendri
By -
0



Pon XXI Aceh-Sumut

Bicaranews.com | MEDAN - Kontingen Sumatra Utara berhasil meraih peringkat 4 di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Perolehan itu pun sesuai dengan target awal Sumatra Utara. 


Sumatra Utara memperoleh sebanyak 253 medali dengan rincian 79 emas, 59 perak dan 115 perunggu. 


Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatra Utara, John Ismadi Lubis mengatakan bahwa perolehan saat ini sudah memenuhi target. Mengingat sebelumnya, ia menargetkan peringkat lima besar klasemen PON 2024.


"Dengan upaya seluruh kontingen, baik itu atlet, dan official, kita bisa mendapatkan target. Walaupun tadi saya targetkan 5, tapi akhirnya kita masuk empat besar sesuai target pak Gubernur (Agus Fatoni)," kata John Jumat (20/9/2024). 


John mengatakan prestasi dan kerja keras para atlet Sumut ini harus mendapatkan apresiasi sebesar-besarnya. Dengan begitu, ia berjanji akan menjembatani atlet ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) terkait bonus yang sudah di janjikan sebelumnya. 


"Tentu nanti akan kita bicarakan dengan Pemerintah Provinsi, beliau (Pj Gubernur) kan sudah janji," katanya. 


Kemudian, John juga menyampaikan bahwa saat ini Indonesia akan melakukan persiapan menatap Sea Games maupun kejuaraan internasional lainnya. Oleh sebab itu, katanya, pihaknya akan mempersiapkan atlet berprestasi di Sumut untuk bisa mengikuti seleksi nasional untuk Tim Indonesia. 


"Tentu atlet ini nanti akan di evaluasi  di seleksi oleh Pusat untuk persiapan menuju Sea Games. Tetapi untuk yang di daerah tetap memprioritaskan yang berprestasi," ungkapnya. 


Meskipun perhelatan PON 2024 telah selesai, kata John,pihaknya akan kembali fokus melakukan pembinaan terhadap atletnya. Hal ini demi menyiapkan atlet berpotensi untuk mendulang medali di PON berikutnya yang di jadwalkan akan dilaksanakan di NTT dan NTB pada 2028 mendatang. 


"Kita lihat dulu apakah cabang-cabang unggulan kita masih di pertandingkan. Tetapi dari sekarang sudah harus kita lakukan pembinaan, kita tidak bisa menunggu begitu mau pon dilakukan pembinaan. Saya rasa atlet tidak bisa di ciptakan instan, tetapi harus melalui pembinaan berkelanjutan," pungkasnya. 


Perlu diketahui, perhelatan PON 2024 akhirnya rampung. Seluruh kontingen provinsi di Indonesia telah menunjukkan kemampuan masing-masing di setiap cabang olahraga yang di pertandingkan. 


Dengan perjuangan kurang lebih satu bulan ini, seluruh kontingen pun telah mengumpulkan pundi pundi medali. 


Di mana, Kontingen Jawa Barat menjadi yang terbanyak dalam mengumpulkan medali. 


Berikut daftar lima besar klasemen PON 2024.


Jawa Barat saat ini berada di puncak klasemen dengan total 529 medali, yang terdiri dadi 191 emas, 159 Perak dan 179 Perunggu. 


Kemudian di posisi kedua ditempati DKI Jakarta dengan perolehan 472 medali, berupa 182 emas, 148 perak dan 142 Perunggu. 


Sementara di posisi ketiga masih di tempati kontingen dari Pulau Jawa, yakni Jawa Timur. Yang mana sebanyak 421 medali berhasil di kemas selama PON 2024. Medali yang di miliki Jawa Timur berupa 146 emas, 134 Perak, dan 141 Perunggu. 


Kemudian di posisi keempat menjadi milik tuan rumah Sumatra Utara dengan memperoleh sebanyak 253 medali dengan rincian 79 emas, 59 perak dan 115 perunggu.


Dan di posisi ke lima di tempati Jawa Tengah dengan total 255 medali yakni, 68 emas, 74 perak dan 113 Perunggu. (Trib/Bn)


Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)