KPU Medan Jadwalkan Penetapan Nomor Urut 3 Paslon

KPU Medan Jadwalkan Penetapan Nomor Urut 3 Paslon

Hendri
By -
0



KPU Medan

Bicaranews.com | MEDAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, menjadwalkan pengundian dan Penetapan nomor urut pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan tahun 2023, Senin (23/9/2024) malam.


Dalam hal ini, KPU Medan telah menetapkan tiga pasangan calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan.


Adapun tiga Paslon tersebut adalah Rico Waas-Zakiyuddin Harahap, Prof Ridha Dharmajaya-Abdul Rani dan Hidayatullah-Yasir Ridha.


Pengundian nomor urut Paslon ini digelar di Gedung Serbaguna Selecta jalan Listrik Kota Medan.


Masing-masing pendukung Paslon meramaikan gedung ini dengan kreativitasnya masing-masing.


Untuk pendukung Rico Waas-Zakiyuddin Harahap membawa alat musik seperti terompet dan lain-lain.


Selain itu, masing-masing partai pendukung membawa bendera partai. Beberapa iyel-iyel tentang Rico Waas-Zakiyuddin menang pun dibawa dalam bentuk nyanyian.


"Rico Zaki-Rico Zaki pasti menang," teriak para pendukung.


Mereka juga menyanyikan lagu anak Medan dan lain-lain. Namun hingga saat ini Paslon Rico-Zakiyuddin belum terlihat.


Sementara untuk pendukung Paslon  Hidayatullah-Yasir Ridho juga terpantau juga hadir meramaikan kegiatan ini.


Para pendukung Hidayatullah-Yasir Ridho ini masuk berbarengan dengan paslon. Para pendukung ini menyebut singkatan nama Paslon


"Hiro, Hiro, Hiro (Hidayatullah-Ridho)," teriak para pendukung sambil membawa paslon ke dalam ruangan.


Sementara sejauh ini, untuk Paslon  Prof Ridha Dharmajaya-Abdul Rani belum terlihat. Namun untuk anggota partai pendukung  sudah terlihat hadir. 


Hingga saat ini kegiatan pengundian nomor  pencalonan belum dimulai. Para pendukung paslon juga masih ada di luar menunggu para paslon.


Untuk diketahui, Ketua KPU Medan, Mutia Atiqoh mengatakan, hasil pleno tersebut ketiga Paslon yang mendaftar dinilai telah memenuhi syarat administrasi, kelengkapan berkas dan tes kesehatan yang wajibkan untuk Pilkada 2024.


"Pleno hari ini terdiri dari  lima orang komisioner yang telah hadir dan rapat pleno ini adalah rapat pleno tertutup.artinya tidak dapat diikuti oleh orang lain, selain komisioner dan Internal KPU Medan," jelas Mutia usai rapat Pleno selesai di KPU Medan, Minggu (22/9/2024).


Dalam rapat pleno tersebut, kata Mutia, pihaknya telah melihat berkas-berkas ketiga Paslon yang mendaftar beberapa waktu lalu. 


"Baik itu berkas Paslon Rico Waas-Zakiyuddin, Prof Ridha Dharmajaya-Abdul Rani, dan Hidayatullah-Yasir Ridha. Ketiga berkas Paslon itu lengkap dan verifikasi sudah jelas. Sehingga kami memutuskan ketiga calon itu dapat ditetapkan sebagai pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2024,"ucapnya.


Dijelaskannya, dalam pengambilan nomor urut para Paslon berpakaian bebas. Dan masing-masing maksimal boleh membawa 50 pendukung ke dalam ruangan.


"Kalau untuk baju pengambilan nomor bebas tergantung kreatifitas Paslon saja dan diperbolehkan besok para calon boleh membuat yel-yel, bendera dan atribut lainnya harus tetap kondusif. Masing-masing Paslon boleh bawa pendukung. Jadi total masing-masing Paslon sama pendukung kita sediakan kuota sebanyak 50 orang,"jelasnya. 


Mutia mengatakan, pihaknya juga telah menyiapkan jadwal debat para Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan.


"Untuk debat calon wali kota dan wakil wali kota masing-masing perencanaan kita  sebanyak tiga kali," jelasnya.


Nantinya, kata Mutia, debat tersebut bersamaan baik wali Kota maupun wakil wali kota.


"Nanti sama disatukan pasangan calonnya tampil ketiga paslon akan tampil dalam debat publik sebanyak tiga kali dengan durasi waktu efektif selama satu jam. Tetapi karena ada brief nanti atau hal-hal lain itu kurang lebih dua jam," jelasnya. (Trib/Bn)


Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)