Rutan Balige Ikuti Bimbingan Teknis Sistem Penilaian Pembinaan Nara Pidana 2024

Rutan Balige Ikuti Bimbingan Teknis Sistem Penilaian Pembinaan Nara Pidana 2024

Hendri
By -
0



Ritan Balige

Bicaranews.com | BALIGE - Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Balige Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara, David Nicolas bersama Kasubsi Pelayanan Tahanan, Lindi Nainggolan ikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Penilaian Pembinaan Narapidana (SPPN) 2024.


Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, Rabu, 25 September - Jumat, 27 September 2024 yang dilaksanakan di Emerald Garden Hotel, Medan dan dibuka langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumut, Rudy F Sianturi.


Pada hari pertama Bimtek, materi yang disampaikan mencakup "Strategi Pengamanan dalam Mengantisipasi Potensi Gempa di Zona Megathrust", yang dibawakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Sumatera Utara. Di hari kedua Bimtek menekankan aspek teknis dari penerapan SPPN, mulai dari Konsep, Mekanisme, dan Prosedur SPPN, hingga Simulasi Kasus dan Instrumen Penilaian, yang dipandu oleh Direktorat Pembinaan Narapidana dan Anak Binaan serta materi  Pelatihan Manajemen Konflik (Conflict Management Training). 


Hari ketiga, Komjen Pol. Dr. Reynhard Silitonga selaku Inspektur Jenderal Kemeterian Hukum dan HAM RI sekaligus Plt. Direktur Jenderal Pemasyarakatan  didampingi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian HAM Sumatera Utara, Anak Agung Gde Krisna secara langsung menutup Bimtek SPPN, dilanjutkan Pengukuhan Satgas Ops Patnal Wilayah, dan Pencanagan Program Ketahanan Pangan Pemasyarakatan.


Diharapkan dengan adanya kegiatan Bimtek ini dapat meningkatkan kapasitas dan ketrampilan petugas Pemasyarakatan terkait dengan pelaksanaan pembinaan narapidana agar dapat dilaksanakan dengan efektif, objektif dan terukur dalam pemenuhan Hak-hak Warga Binaan. (Humas Rutan/Naomi Simaremare)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)