Bentuk Karakter dan Moral Peserta Didik, Plt Kepala UPT SMPN 15 Terapkan 'Jumat Ibadah'

Bentuk Karakter dan Moral Peserta Didik, Plt Kepala UPT SMPN 15 Terapkan 'Jumat Ibadah'

Hendri
By -
0



Plt Kepala UPT SMPN 15 Medan
Plt Kepala UPT SMP Negeri 15 Medan Pandapotan Siregar, S.Pd Saat Diwawancarai Awak Media Bicaranews.com dan Pena Sumut Di Ruang Kerjanya, Senin (14/10/2024) 

Bicaranews.com | MEDAN - Kemajuan teknologi informasi komunikasi di era globalisasi ini selain membawa sisi positif tapi juga dapat menimbulkan dampak negatif. Terlebih di kalangan anak dan remaja. Salah satu aspek negatifnya adalah menurunnya kualitas karakter moral manusia. 


Hal ini perlu dibentengi dengan pendidikan yang berbasis akhlak dan moral sejak dini. Baik itu dari orang tua maupun oleh satuan pendidikan. Seperti yng diterapkan di SMPN 15 Medan. 


Plt Kepala UPT SMPN 15 Medan Pandapotan Siregar, SPd, Senin (14/10/2024) di ruang kerjanya mengatakan, penanaman akhlak kepada siswa sejak dini akan menciptakan anak yang berbudi pekerti luhur, selain itu akan membantunya dalam bersoaialisasi dengan lingkungan dan di dalam keluarganya.


"Saya selaku Plt Kepala Sekolah di SMPN 15 Medan menanamkan akhlak kepada siswa. Karena penanaman akhlak kepada siswa sejak dini akan menciptakan anak yang berbudi pekerti luhur, selain itu akan membantunya dalam bersoaialisasi dengan lingkungannya, baik dalam keluarganya, di sekolah maupun dalam masyarakat," terang Pandapotan Siregar. 


Sejak ditugaskan di SMPN 15 Medan, ia memberlakukan 'Jumat Ibadah' bagi semua murid. Untuk yang beragama Islam membaca Surah Yasin di lapangan olahraga sekolah dipimpin murid dan guru secara bergilir. Lalu untuk yang beragama Kristen membaca Alkitab di Aula Sekolah. "Inilah cara kita untuk membentuk karakter anak agar disiplin dan berakhlak mulia. Ibadah itu kita laksanakan sebelum jam belajar sekira pukul 07.15 WIB," jelasnya.


Pandapotan Siregar juga berpesan kepada para guru agar selalu menanamkan akhlak kepada siswa-siswi dan sebelum memulai pelajaran agar murid-murid terlebih dahulu menyanyikan salah satu lagu nasional.


"Saya selalu  berpesan kepada guru-guru agar selalu menanamkan akhlak kepada siswa-siswi, bahkan saya juga menyampaikan kepada guru-guru sebelum memulai pelajaran agar murid-murid terlebih dahulu menyanyikan lagu nasional, agar siswa-siswi tersebut tertanam jiwa bangsa dan semangat bernegara," ungkap Plt Kepala UPT SMP Negeri 15 Medan. 


Selanjutnya, saat disinggung terkait agenda Dinas Pendidikan Kota Medan akan menggelar kegiatan olahraga dalam rangka Hari Guru Nasional. Pandapotan Siregar mengaku telah mempersiapkan tim dengan melibatkan 6 Sub Rayon, yang akan mengikuti kegiatan olah raga, seperti futsal, mini score dan yang lainnya. (HN/Bn) 

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)