Cuaca Kurang Mendukung, Rutan Kelas IIB Humbahas Kanwil Kemenkumham Sumut Tetap Semangat Menggelar Upacara Hari Sumpah Pemudah Ke-96

Cuaca Kurang Mendukung, Rutan Kelas IIB Humbahas Kanwil Kemenkumham Sumut Tetap Semangat Menggelar Upacara Hari Sumpah Pemudah Ke-96

Hendri
By -
0



Rutan Humbahas

Bicaranews.com | HUMBAHAS - Meskipun diawalnya dengan cuaca yang kurang mendukung, Rutan Kelas IIB Humbang Hasundutan Kanwil Kemenkumham Sumut tetap laksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober tahun 2024 dengan semangat, Senin (28/10/2024).


Mengusung tema "Maju Bersama Indonesia Raya", kegiatan berlangsung di lapangan upacara Rutan Humbang Hasundutan yang diikuti oleh Karutan Humbang Hasundutan, pejabat struktural, beserta seluruh petugas dan para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).


Rutan Humbahas

Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tahun sebagai bentuk penghormatan terhadap semangat persatuan para pemuda yang pada tahun 1928 bersumpah untuk bersatu di bawah nama Indonesia. Dengan semangat yang sama, Karutan mengajak generasi muda, khususnya para warga binaan, untuk melihat peringatan ini sebagai kesempatan merenung dan berkomitmen kembali pada nilai-nilai kebangsaan dan persatuan.


Upacara diawali prosesi mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan yang dipimpin langsung oleh Karutan, Sahat Parsaulian selaku Inspektur Upacara. Karutan kemudian membacakan teks Pancasila yang diikuti oleh seluruh peserta upacara lalu dilanjutkan dengan pembacaan teks pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta pembacaan Teks Putusan Kongres Pemuda Indonesia tahun 1928.


Rutan Humbahas

Dalam amanatnya membacakan Sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Ario Bimo Nandito Ariotedjo yang berharap kepada pemuda untuk lebih berperan dalam Pembangunan Nasional Indonesia adalah tepat adanya, karena pada hakikatnya pemuda adalah pemilik masa depan, “Pemuda adalah motor perubahan yang memiliki tanggung jawab besar dalam mengarahkan masa depan bangsa ini. Dengan semangat dan idealisme yang dimiliki, pemuda Indonesia diharapkan tidak hanya bermimpi, tetapi juga bertindak nyata dalam memajukan bangsa.”tegas Karutan.


Upacara berlangsung dengan khidmat dan diselingi dengan pembacaan ikrar Sumpah Pemuda serta lagu-lagu kebangsaan yang membangkitkan semangat patriotisme. (Ril/Humas Rutan Humbahas/Bn) 


Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)