Harhubnas 2024, Ribuan Orang Semarakkan Toba Fun Walk di Balige, Pjs Bupati Toba: Sinergitas dan Kolaborasi Adalah Kunci!

Harhubnas 2024, Ribuan Orang Semarakkan Toba Fun Walk di Balige, Pjs Bupati Toba: Sinergitas dan Kolaborasi Adalah Kunci!

Hendri
By -
0



Pemkab Toba

Bicaranews.com | BALIGE - Acara jalan santai "Toba Fun Walk 2024" sukses digelar di Balige pada Sabtu (26/10/2024) dengan sekitar tiga ribu orang yang turut berpartisipasi. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai puncak perayaan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2024 tingkat Provinsi Sumatera Utara. 


Jalan santai sepanjang 5,2 kilometer ini dimulai dari Venue Bontean dengan rute melewati beberapa tempat wisata indah, seperti Taman Pasir Putih Lumban Bulbul, Jembatan Juara Monang, dan Bundaran DI Panjaitan, sebelum kembali ke Venue Bontean. Suasana semakin meriah dengan berbagai hiburan, permainan seru, dan undian hadiah. Hadiah-hadiah menarik, seperti motor, kulkas, sepeda lipat, hingga motor ATV, membuat peserta makin bersemangat.


Acara ini juga menjadi ajang kebersamaan bagi masyarakat, pemerintah, dan pelajar setempat. Hadir pula jajaran pimpinan daerah Kabupaten Toba, dinas-dinas terkait, dan pelajar SMP serta SMA/SMK dari seluruh Kabupaten Toba. Dr. Agustinus Panjaitan, Kadishub Sumut yang juga menjabat Pjs Bupati Toba, mengatakan, acara Toba Fun Walk ini terselenggara berkat kerja sama berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah dan mitra-mitra Dishub Sumut. 


“Sinergi dan kolaborasi unsur Perhubungan dan mitra kerja harus terus ditingkatkan, termasuk menjelang beberapa event penting yakni Aquabike dan mudik Natal dan Tahun Baru. Harhubnas yang diperingati setiap 17 September, tetapi tahun ini, puncak peringatannya kita laksanakan pada 26 Oktober karena pada tanggal 17 September 2024, bertepatan dengan pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut," kata Dr. Agustinus. 


Pemkab Toba

Selain sebagai perayaan Harhubnas, Toba Fun Walk juga bertujuan untuk mempromosikan keindahan Danau Toba serta mengkampanyekan keselamatan berlalu lintas. Dr. Agustinus berharap acara ini tidak hanya membawa kebahagiaan bagi peserta, tetapi juga manfaat ekonomi bagi warga lokal.


Antusiasme peserta semakin terlihat saat Jessica Tampubolon, siswi SMP Negeri 1, berbagi pengalamannya. “MC-nya kocak dan sangat menghibur. Senang bisa ikut kegiatan seru di ruang terbuka bersama teman-teman,” ujarnya. Jessica berharap acara seperti ini bisa digelar rutin setiap tahun karena menyenangkan dan seru, terutama dengan hadiah dan permainan yang membuat suasana makin hidup.


Keberuntungan berpihak pada Jaya, siswa SMK Negeri 1, yang berhasil memenangkan hadiah utama berupa motor ATV. Dengan senyum lebar, Jaya mengaku tidak menyangka bisa mendapatkan hadiah istimewa tersebut.


Selain itu, Dishub Sumut juga memberikan penghargaan kepada Dinas Perhubungan yang turut berperan untuk bidang transportasi dalam penyelenggaraan PON XXI di Sumatera Utara. 


Pemkab Toba

Kepada wartawan saat interview, Agustinus  menjelaskan bahwa persiapan untuk acara tahunan mudik Natal dan Tahun Baru sudah mulai dilakukan. “Kami bersama unsur perhubungan dan pemerintah daerah akan memastikan kesiapan sarana dan prasarana, dan saat ini juga Kemenhub sedang melakukan survei nasional terkait pergerakan masa mudik Nataru. Hasil survei ini akan menjadi dasar dalam menyediakan fasilitas yang memadai pada moda darat, laut, maupun udara,” jelasnya.


Sekretaris Daerah Toba, Augus Sitorus menambahkan, peringatan Harhubnas membawa banyak manfaat, terutama dalam memajukan transportasi dan pariwisata. “Dengan akses transportasi yang lebih baik hingga ke tingkat desa, wisatawan domestik dan mancanegara bisa lebih mudah datang, sehingga perekonomian warga lokal juga dapat terangkat,” pungkas Augus. (*)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)